Observer

Monday 15 March 2010
Observer???

Observer adalah pendamping interviewer. Hari Sabtu kemaren aku jadi pendamping pewawancara dalam tes tahap III penerimaan CPNS di kantorku.
Aku mendampingi pak N..y, bapak eselon II yang sangat sangat pinterrrrrr..
Lha wong udah jadi eselon II dalam usia yang relatif muda, dapat S2 di Amrik, dulu lulusan STAN, en juga dapat kenaikan pangkat istimewa. So, yang harusnya dia naik pangkat 4 tahun, dia cuma menjalaninya 1 tahun woowwwww....

Namun, awalnya aku takut ama dia. Gara-garanya pas aku mo ngasi berkas ke dia, dia ngomongnya "keras" ke aku..
ceritanya gini:
Aku khan sms dia "pak, kapan ada waktu? saya mau ngasi bahan untuk wawancara"..
lama ga ada balesan.. Akhirnya aku sholat. Pas aku sholat, aku denger ada suara sms masuk (nah lho ketahuan deh sholatnya ga khusyuk :( ) tapi berhubung aku lagi sholat, ya aku diemin lah...
selese sholat hp-ku bunyi en aku lihat ternyata Bapak itu yang telpon. "Lagi dimana?" "diruangan pak" "kamu ga baca sms saya?" "maaf pak lagi sholat" trus aku lupa blio omong apa lagi.. "bentar ya pak saya baca sms bapak dulu".. blio lalu nutup telponnya "klik"--> lebay mode:on

Pas aku baca, ternyata smsnya adalah "sekarang, saya mau sidang badan jam 2"
Gubrakkk.. lha wong sekarang aja udah jam 2 lebih, belom ngopy bahannn pula. Apes dah!!



Aku langsung lari-lari ke ruangan. untung aja bahannya punya aya yang buat bu ilya masih ada dimeja. Langsung aja aku culik hehehe tapi itu dengan izin aya lho..

Aku sms dia lagi. "pak masih keburu ga?" ga ada balesan.
aku telpon blio "pak masih keburu ga?" "coba aja.. saya nungguin kamu dari tadi" "iya pak maaf, saya tadi lagi sholat bla bla bla" "Ya udah kamu jangan ngomong aja, cepat berangkat!!" "iya pak.."
DIEGGGG hikkk sedih bangett.. padahal aku itu telpon sambil make sepatu dll.

Aku langsung aja jalan cepat ke lt 5 (untung blio tadi sempet jawab pas aku nanya ruangannya dimana) secara lagi hamil ga boleh lari2 :(

Pas nyampe sana ternyata bapaknya udah ga ada. ya udah aku titipin aja ke stafnya, trus aku balik lagi ke ruangan. Pas udah nyampe di depan gedung baru deket parkir motor yang lama, ada sms masuk "antar ke Lt 9 ruang rapat sekjen" WALADALAH aku musti balik lagi dong..
aku jawab aja "iya pak, saya ambil berkasnya dulu di staf bapak"..
Aku balik lagi ke lt 5 trus ke lt 9, mana gedungnya gedung baru lagi....
Untung ada finda, jadi aku minta tolong dia nitipin berkas ke petugas sidang Badan buat dikasih ke bapak itu.
Setelah minta pendapat ke beberapa orang, Trus aku beranikan diri untuk sms dia "Pak, tadi saya titipin bahannya ke petugas sidang Badan karena sidangnya sudah dimulai. Berkasnya udah diterima pak?" blio bales "iya udah, tks"
yippiii akhirnya ada balesan yang bagus juga :D
Pas aku bilang ama mas padang, mas padang cuma bilang "dia enak koq. obyektif banget"

Nah, setelah itu aku bener2 takut hubungi dia. Mo inget2in dia, mo nyampein pesan dari mas padang, aku takut.. ntar dianggep menggurui lagi. secara bapaknya udah pernah jadi pewawancara en pinter bangett..
ya udah akhirnya aku ga hubung2in dia lagi.
Ampe hari sabtu aku ga nyenyak tidur, ga enak ngapa2in... takutttt hiks

Trus pas hari H aku diem aja. pokoke aku berusaha ngasi yang terbaik aja deh, mo aku dikenalin ke orang yang diwawancara (sesuai prosedur) mo kagak up to u.. yang penting dia ga marah-marah ama aku :d

Alhamdulillah selama proses wawancara tidak ada hal-hal yang bikin aku sedih. Malah ada yang lucu pas blio cerita kalo blio SMAnya di Banjarmasin ke CPNS. CPNS itu khan ditanya "kamu tau ga Banjarmasin di mana?" CPNS itu jawab dengan sangat yakin "tau pak" "dimana?" "Kalimantan pak" "Kalimantan mana?" "mmm Timur pak" lalu bapak itu bilang "Guooblllokkk kamuuu.. Selatan tau.."
Mungkin CPNS itu kaget dibilang gitu. Tapi aku juga ikutan ketawa, karena abis itu bapak itu juga ketawa2. Mungkin emang refleknya dia kayak gitu kali..

Trus dia juga ngomentari CPNS yang jawabannya mbuleetttttt ga berujung kayak gini "kamu tuh kalo ngejawab ga straight. Jadi kamu membuat orang yang kamu ajak bicara tuh berusaha menyimpulkan sendiri apa maksud pembicaraan kamu. Kalo kamu ketemu atasan, terutama yang lulusan luar negeri, mereka tuh terbiasa to the point (aku mikir dalam hati.. pantes kemaren aku dimarahin pas banyak omong hehehe hehehe)"
hmmmph, ternyata bukan cuma aku yang berpikiran begitu pas aku denger jawaban CPNS itu...
Lalu dia bilang ke aku "Anak itu tadi ga smart. Secara pribadi dia baik, tapi dia ga smart. Dia menutupi ketidaksmartannya itu dengan jawaban yang muter2"

Ada juga dia berkomentar "Kamu tuh dari jawabannya ga ada yang menunjukkan kalo kamu berani mengambil keputusan. Selama ini kamu selalu ikut apa kata orang tua ya??? Kamu harus berani ambil keputusan mulai sekarang"

Dia juga bilang ada beberapa CPNS yang dia wawancara itu cocok untuk di pusat karena tahan banting, karena pinter, dll.

Dari situ aku berani membahas beberapa orang yang diwawancara tadi untuk melihat penilaian blio. Ternyata bener kata mas padang. Dia orangnya bener2 obyektif. Tidak pernah dia men-judge seseorang itu jelek. Meskipun ada kelemahan, dia pasti bilang kelebihan seseorang itu dulu. Seperti pas CPNS pertama diwawancarain, keliatan banget orangnya ngeyel. Blio malah bilang "wah, orang kayak gitu kalo audit bisa bikin auditeenya nangis tuh.. Bagus jadi auditor"
Woowwwwwwww

Pas semua CPNS udah selese diwawancara, dia sempet bilang "ternyata penempatan itu juga berdasarkan hasil psikotesnya. padahal psikolog itu khan juga ada yang goblok" (sebelumnya aku bilang kalo penempatan itu acak berdasarkan kebutuhan). Trus dia juga cerita kalo dia tuh pernah psikotes dan semua indikator penilainya sangat bagus pada semua poin penilaian, biasanya khan mungkin cuma pada beberapa poin.. Aku sih percaya aja ama dia. emang dia hebat koq.

Trus aku nanya ke blio, "Tipsnya apaan pak?"
Nih dia tipsnya menurut versi blio:
  1. Kembang diri sejak masih muda
  2. Baca biografi/kisah pimpinan. Kalo bisa pimpinan perusahaan, misal di Bussiness week. Kalo ga bisa bahasa inggris, baca yang Bisnis Week Indonesia (hehehe tau aja tuh kalo aku ga bisa bahasa inggris)
  3. Belajar dari orang lain. Meskipun orang itu bukan siapa-siapa, en mungkin dia ga ada apa-apanya, pasti dia punya suatu kelebihan yang bisa kita ambil. (Mantaff)
  4. Menghargai orang yang diajak bicara, bisa dengan mengangguk pas diajak bicara, dll. Pokoke menunjukkan kalo kita merespon dia deh (itu dia belajar dari orang lain lho)
  5. Bicara dengan dibarengin body language (expresive), itu dia terinspirasi orang eropa ama orang manaa gitu
  6. Jangan omongin orang di belakang. Blio kalo marahin orang or ga suka, langsung bilang ke yang bersangkutan. Misal blio pernah berani menolak perintah atasan dengan alasan yang tidak dia ceritakan en aku tidak berani nanya. HALAH..
  7. Harus berani menanggung konsekuensi dari semua perbuatan yang dilakukan. Dia pernah marahin orang langsung, en siap dibenci karena perbuatan itu.
  8. Ga boleh membenci orang.
Subhanalloh.. aku banyak belajar dari dia.. Selama ini aku orangnya subyektif banget. Kadang tanpa ada alasan yang jelas aku bisa tiba-tiba ga sreg ama seseorang, en jadi tidak mau bersinggungan ama sesesorang itu. Aku lebih sering negatif thinking daripada positif thinking.
Meskipun aku sering denger "Dont judge the book by its cover" tapi itu sangat sulit buat direalisasikan...
Aku kudu berubah.. Aku udah bilang ama suamiku, kalo hari Senin ini aku akan mulai bekerja dengan sungguh2. Ga akan ngeluh2 ga jelas :D

Doakan saya yaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....................

0 komentar: