Perjuangan Pumping ASIP

Thursday 16 December 2010
Memberikan ASIX ke anak bagi ibu-ibu bekerja tentu membutuhkan tekad, niat, dan semangat yang kuatt.. Apalagi kalo udah menjadi anggota P4 Gatsu (Pergi pagi pulang petang Gaji tetep segitu)huaaaa...
Secara ga boleh stress, ga boleh capek, pinter bagi waktu, kudu rajin, de es be de es be

Contohnya, dulu pas aku masih kontrak di daerah kuningan, aku bisa bawa pulang sekitar 500ml asip. Udah gitu pagi sebelum berangkat en malem pas ayra dah tidur aku juga masih sempet pumping. So, rata-rata seharian pumping alhamdulillah aku bisa dapet 700-800ml. Malahan pernah satu hari aku dapet 1 liter (sekali doanngggg.. ga bisa ngulangin lagi :(( )
Alhamdulillah masih ada sisaa, soale ayra minumnya max 500ml kalo aku lagi ngantor.

Begitu aku pindah ke Cisauk, pendapatanku mulai menurun. Seharian aku cuma dapet sekitar 600ml. Padahal dengan pindah kesana, berarti aku kudu berangkat max pukul 6.15 en nyampe rumah paling cepet pukul 18.30 so, that means jumlah minum asinya ayra selama aku tinggal semakin banyak, sktr 700an ml boww huaaaaa aku pusingg..



Piranti-piranti dalam rangka mendukung pumpingpun ga sedikit. Kudu punya kulkas minimal 2 pintu biar asinya lebih tahan lama (jika hasil pumpingnya banyak), pompa asi jika orangnya pemalas meres pake tangan kayak aku, botol kaca buat nyimpen ASIP, cooler bag buat bawa asi pulang, ice gel, dan prentilan lainnya kayak hand sanitizer, tissue, label buat nulis tanggal en waktu di botol kaca, en bahkan aku juga nyetok kantong ASI :D

Demi mendukung ASIX aku ama suami putusin beli kulkas overbudget kami, type Panasonic B25GF, yang ceritanya begini. Breastpump aku akhirnya pake AVENT MANUAL setelah memikirkan matang-matang, yang ceritanya bisa dilihat disini.
Untuk nyimpen asi difreezer aku prefer pake botol kaca, karena aku pernah baca yang paling bagus buat nyimpe asip di freezer itu botol stainless yang muahal, trus urutan kedua pake botol kaca, urutan selanjutnya botol plastik, baru plastik ASI. Temenku sih ada yang pake botol susu buat nyimpen ASIP. Tapi aku ogah ah ngikutin jejak dia. Mo berapa banyak botol susu yang musti aku sediain? Mana harga botol susu khan mahal... Harga 1 botol susu khan setara dengan 20 botol kaca UC, bahkan ada yang lebih hehehe. Untuk botol kaca buat nyimpen asip aku punya 2 jenis: Yang pertama aku beli di Avellinoshop , tutupnya karet, bisa muat 100ml, ada tandanya kalo udah 100ml, en waktu itu aku cuma beli 20 biji, plus dikasi temen sekitar 13 buah (yang 2 pecah dalam perjalanan pengiriman :( ). Sebenernya aku seneng pake botol itu karena bisa diisi per 100ml (sesuai dengan sekali minumnya ayra), en dibotolnya udah ada tandanya jadi ga perlu ngukur-ngukur lagi. Udah gitu bentuk botolnya lucu. Tapiiii sayangnya tutup karetnya sering mbleduk kalo dimasukin di freezer. Aku pikir karena isinya kepenuhan (padahal aku isi 100ml sesuai batas lho), eh ternyata waktu aku isi setengahnya pun juga tetep mbleduk.. :(( Berarti kesalahan bukan pada aku khann...

Trus pas botolnya udah abis keisi semua, aku sementara pake kantong asi, sambil pesan lagi botol kaca. Karena berfikir masalah efisiensi freezer yang waktu itu baru punya kulkas yang 1 pintu, akhirnya aku beli yang botol UC karena 1 botol bisa diisi ampe 130ml. Aku beli 3 lusin di Herlinashop , karena berdasarkan hasil browsing-browsing, disini yang jual botol ASIP UC-nya paling murah. Itu udah aku itung plus ongkir lho karena dia lokasi di Bandung, en aku di Jakarta.

Alhamdulillah pas ada botol lagi, aku jadi semangat pumping.. Namun botol itupun ga bertahan lama, jadi aku tambahin dengan meminta2 botol bekas UC dari temen2ku en aku mix pake kantong ASI :D

Alhamdulillah pas aku pindah ke Cisauk aku harus beli lagi botol UC 3 lusin karena persediaan botol udah kepake semua hehehehe. Saranku sih kalo mo beli botol kaca ASIP kudu yang sama bentuknya, biar kalo disimpen difreezer dengan cara ditidurin gak gampang nggelinding.

Selain botol, aku juga nyediain tissue, en dettol hand sanitizer saat pumping.

BREASTFEEDING IS NOT MY DUTY, BUT MY AYRA'S RIGHT. So, TETEP SEMANGAT PEJUANG ASI!!!

6 komentar:

Ibune Hannan said...

aku mau kulkas 2 pintu juga...
huaaaaaaa....
aku mau breast pumpnya juga...
huaaaaaaa...

kalo tutup botol uc-nya aja beli dimana?

Adek Pooh said...

Halooo benooo

setelah aku menderita, akhirnya aku dan temen2 juga jualan botol UC lhoo

harganya 1300 only. lebih murah dari herlinashop. Trus tutup botolnya selusin cuma 4000.

Tempting khannn... ayooo dibeli dibeli dibeliii

riesta said...

woohoooo...
ktemu dengan orang yg sama2 pejuang asi...
salam kenal...rumahku di cisauk juga..di dunia antah berantah,,.,,hehehehe

Anonymous said...

Msh mnjual botol kaca asi kah?

Unknown said...

Boleh beli botolnya mb? masih jualan ga?

Nia Angga said...

maaf udh gak jualan lagi botolnya