Sembelit Ayra

Tuesday, 10 May 2011
Setelah 4 bulan 7 hari ayra masih tetep sembelit (ayra sembelit sejak MPASI pas 6 bln) akhirnya ada yang nyaranin ayra untuk ke dokter gastro.
Secara udah berbagai macam cara dicoba, tapi ayranya tetep sembelit :(
dari mulai pijet refleksi seminggu sekali di pondok ranji yang sukses bikin ayra jerit2, dikasi obat pencahar jangka panjang (OPILAX) dari dokter rihi di Baptis, tetep aja ayra susah poop

Aku dapat referensi dokter spesialis gastro di KMC (Kemang Medical Care) Bunda Wati, tapi pas ditelpon beliaunya lagi cuti ampe tanggal 10 yo wes setelah searching2 lagi diinternet, akhirnya dapat juga di RSAB Harapan deket grogol. Aku dapat dokter cowok, ga lama masuknya, cuman 10 menit kurang (-.-!) nangis bombay secara perjalanan dari rumah ampe ke RS itu lebih dari 2 jam.. Dokternya langsung ngasi obat, ngajarin pijet "tanda tanya" di perut ama pijet memutar di deket anus.
Ya namanya aku ga bakal puaslah begitu doank. aku tanya ke dia.
  • Dok, penyebabnya apa ya?
  • (dokternya ngegambarin usus kayak rumput) Usus yang normal tuh tinggi.. usus anak ibu cuman setengahnya. Jonjotnya itu gundul. makanya makanannya ga bisa nyampe ke usus, ga bisa dicerna dengan baik, dan akhirnya keras dehh susah untuk keluar..
  • oooooooooooo terus gimana dok?
  • Anak ibu harus makan nasi, sayur, buahnya pepaya, dan minum minimal 2 liter.
  • Dziggg lha akhir2 ini ayra minumnya lagi sedikit banget, ga nyampe 400ml. Wah, 2 liter dok? gimana caranya
  • [dengan santainya] ya nanti bertahapp
  • [masih ga rela cuma bentar] saya udah dikasih obat ama dokter sebelumnya. gimana tuh?
  • [cool] pake obat saya ajah. minggu depan kesini lagi. kalo belom ada perubahan harus usg.
  • [nglirik2 resep yang ditulis tapi susah dibaca hik] itu obatnya apa dok?
  • [ga jawab]
  • [ngasah golok] trus dia belom poop 5 hari diapain dok?
  • pake obat saya dulu aja, nanti kita lihat lagi.
  • makasih dok [keluar ruangan dokternya sambil lesu en ngomel2]

Akhirnya pas udah ditebus, ada 2 obat yang udah ada dirumah karena udah diresepin ama dokter sebelumnya..
yo weslah mo gimana lagi


AYra dikasi obat pencahar dosis rendah, Lactulax, laxtoberon, trus ada yang kayak vegeta buat anak ama obat usus

Jadi menu ayra sekarang sehari2 makan pake wortel dan kangkung, buahnya pepaya aku campur yoghurt. Mulai hari minggu kemaren udah mulai keluar poopnya. tapi ya setiap mo ngeluarin dia ambil posisi ngeden plus nangis2.
aku cuma bisa ngelus2 punggungnya en nenenin biar dia tenang en bantuin dia ngeden :(

Moga2 ayra bisa cepet sembuh en ga perlu USG lagi. Amien

* ayra pas umur 9,5 bulan udah mulai belajar berdiri sambil pegangan, udah bisa duduk sendiri, en maunya ditetah. Dia masih males merangkak, en seneng kalo duduk di highchairnya D'cost.
pas 10 bulan, Ayra nangis pas ga dikasih pinjam sepeda ama temennya, udah bisa tepuk tangan meski belom ada suaranya, melangkah dikit sambil pegangan strollernya.
ayra udah pinter ngamuk kalo keinginannya ga dipenuhin, sering nyungsep, en udah bisa minta nonton tipi :(
Ayra udah bisa turun dari kasur sendiri tanpa nyungsep. Jari kecilnya udah kejepit pintu sekali dan filling kabinet sekali. Ayra pernah gigit yesha, dan hampir gigit fahry. Kalo sama uminya, senengnya gigit pipi, janggung, dan apapun yang ada didekat mulut dia..

Apapun ayra, umi sayaang banget sama ayra, moga ayra jadi anak penurut yaaaaa

3 komentar:

Pinkina said...

kasihan ayra, semoga cepet sembuh yha sembelitnya

umahnya fityanakifah said...

alhamdulillah ayra udah sembuh ya

anak keduaku juga pernah sembelit, kalau pupp psti jerit-jerit, kasian banget tapi dg pepaya bisa lancar lagi alhamdulillah

Anonymous said...

mbak...anak saya juga mengalami hal yg sama...dmana anak mbak...apa akhirnya sudah sembuh sekarang??? tolong bls aja ke email saya yogi.btdc@gmail.com makasi ya mbak