Saatku Menyapih

Friday, 20 July 2012
Sudah seminggu ini aku berhasil menyapih Ayra. Awalnya aku ingin sekali mempraktekkan weaning with love ke Ayra. Aku sudah mulai menghipno parenting Ayra sejak usia 18 bulan, yaitu dengan membisiki dia supaya mau berhenti nenen saat dia tepat berumur 2 tahun. Aku ingin supaya Ayra berhenti nenen karena kesadarannya sendiri.

Kalo dia kubilangin "kak, kakak khan udah gedhe, udah besar, kakak nanti kalo udah 2 tahun ga boleh minum umi lagi ya. Minum umi buat dedek bayi..." Dia cuma bilang "iyah.. " tapi akhirnya aku tau kalo dia jawab itu supaya aku mau ngasi nenen dia, or karena dia ga mau diganggu ritual nenennya. (hypno parenting dilakukan saat dia mau tidur, or lagi nenen supaya bisa masuk ke gelombang bawah sadarnya)
Soalnya, waktu usianya pas 2 tahun, dia malah ga mau dipanggil kakak. Maunya dipanggil Dedek biar dia tetep bisa minum umi dan ngompol..


Waktu usianya 2 tahun 12 hari tepat pada tanggal 12 Juli 2012, aku mulai menjalankan aksi penyapihan. Kalau selama ini aku mengalah karena tidak tahan mendengar tangisan dan jeritan ayra saat minta nenen, hari itu aku tutup kuping. Aku sengaja belum mengganti baju kerjaku yang resletingnya di belakang. Aku bilang ke dia "kakak minum susu botol aja ya (susu uht), mau yang putih (uht vanila) apa yang pink (strawberry)? Nih baju umi ga ada kancingnya.." Awalnya dia teriak-teriak sambil nangis "kk minum susu umi aja.. (sambil narik-narik bajuku). Tega ga tega sih, hingga akhirnya dia menyerah karena tidak berhasil membuka bajuku dan dia bilang "kakak num susu botol aja"..

Yess, berhasil juga akhirnya membuat dia minum susu botol. Saat dia sudah tenang dan minum botol sambil jalan-jalan, aku jongkok membelakangi dia untuk ganti baju daster. Tiba-tiba deg, dia udah ada di sebelahku, nengok-nengok ke arahku.. sambil teriak "Tuhhh ada kancingnya.." Sumpah aku kaget dan jadi ketawa geli.. Aku langsung blingsatan, dan cepat-cepat memutar dasterku terbalik biar kancingnya di belakang. Dia langsung nangis jejeritan "kakak mau minum susu umiii sambil narik-narik bajuku".. Mati aku! Bego banget sih ganti daster segala :(

Aku peluk dia, aku bujuk dia, dia tetep nangis jejeritan. Aku bilang "kakak gendong umi aja ya.. keluar.." dia mau, trus pas liat mbaknya, dia minta gendong mbaknya dan aku pun masuk kamar dengan sedih.
Setelah tidur, aku pindah  dia ke kamarku..

Drama terjadi saat dia kebangun jam 23.30. Dia nangis minta minum umi, dan ga mau aku kasih botol. Aku mau ngasi nenen aja karena takut ganggu mbaknya dan tetangga yang udah tidur. Kalo masih jam 8 malam sih aku jabanin, tapi ini udah jam setengah 12 malam. Ntar diomelin tetangga lagi.
Tiba-tiba suamiku buka pintu, dia bilang "udah dek, kasih jahe aja nenennya (selama ini aku masih keukeuh pengen ayra bisa self weaning). Mau sampe kapan ayra nenen? Ayra sudah lebih dari 2 tahun. Lha wong sunnahnya aja cuma 2 tahun".
Dengan ngantuk-ngantuk, aku kebelakang buka kulkas, aku nyari jahe. Akhirnya setelah beberapa saat aku menemukan empon-empon besar, dan aku potong setengah cm dan aku oles-olesin ke nenenku.

Saat aku kembali ke kamar, ayra masih nangis teriak-teriak. Trus aku peluk dia dan nyuruh dia nenen. Dia langsung nenen dengan semangat. Aku noleh ke suamiku "dia mau mas" bisikku sambil takjub.
Eh, beberapa detik kemudian dia lepas nenenku dan bilang "num susu botol aja. susu umi sakit"..
Alhamdulillah, akhirnya ayra mau lepas. Aku terharuu...

Sambil ngelonin ayra, suamiku nanya "tadi jadi dikasih apa dek?"
"Jahe, seperti kata mas.."
"mana? sini mas lihat"
Aku kasih jahenya. "Wah, ini sih laos (lengkuas) bukan jahe.." "ah, yang penting ayranya mau.. Adek pikir itu tadi jahe, abisnya ad cium bau jahe sih hehe" Aku malu..

Keesokan harinya, saat Ayra minta minum, aku boongin dia suruh nunggu sebentar, padahal aku ngolesin nenenku dengan lengkuas lagi. Alhamdulillah hari kedua juga lancar. Dia mau ga nenen aku.
Hari ketiga, sebelum dia minta, aku udah nyiapin potongan lengkuas di bawah bantal. Eh ternyata berhasil ditemukan Ayra. Dia nanya "ini apa ya?" "apa itu kak?" dia jawab "obat umi.." hehehe Alhamdulillah dia sadar...



Sekarang, memang ada yang hilang saat dia udah ga nenen aku lagi. Aku kadang kangen masa-masa nenenin Ayra sambil meluk dia supaya dia mau tidur. Ayra juga jadi susah tidur. Tapi itu semua adalah proses. Semoga dia ga minta nenen lagi.. Pe er selanjutnya adalah toilet training yang masih belum berhasil.

Selamat ulang tahun kakak.. 1 Juli 2012. Semoga kakak sehat selalu, tambah pinter, dan jadi anak yang sholehah dan penurut ya sayang.. We love u


4 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

selamat ultah buat kakak ya. waktu menyapih alvin aku butuh waktu 3 hari mbak Allhamdulilah sukses tapi alvin gak aku kasih nyusu di botol

Tebak Ini Siapa said...

Akhir-akhir ini aku banyak baca istilah weaning, hehehe...
Selamat ya Ayra sudah gak nenen :D

obat tradisional ambeien said...

aku juga mau mengucapkan selamat yah ..

duta pulsa said...

selamat ayra, tandanya kamu sudah mulai besar :)