Berubah?Why Not??

Thursday 29 September 2011
Dulu aku sempat ragu saat akan memutuskan untuk menikah. U know why? Yeahh u r right! Masalah egoisme seperti kebanyakan orang..
Aku sudah terbiasa hidup sendiri, alias ngekost sejak SMA. That means I have already spent my time for being alone for 10 year before married.
I was thinking.. Bisa gak ya ntar berbagi ama orang lain? Lha wong waktu harus berbagi kamar ama kakak kandung sendiri aja kadang masih bertengkar..
Kl sendiri khan enak mo ngapain2.. Pengen nyetel musik lenceng pas bete? Hayuukkk..
Pengen mberantakin kamar? Okeee
Mo dekor kamar sesukanya?go ahead..
Bisa gak ya ntar kalo udh married kayak gitu?

Trus kebimbangan berikutnya adalah "ntar kalo bertengkar gimana ya?" Kalo masih in relationship khan enakkk..
Tinggal pulang ke rumah kalo lagi bertengkar. Gak perlu lihat mukanya lagi for a while..
Lha kalo udah nikah, mo pulang kemana??
Then pas curhat ke temen dia bilang gini "aku juga pernah koq ngalamin kayak gitu.. Tenang ajah, ntar pasti ada masanya kita kembali ke fitrah diri sebagai istri. Pernah suatu hari aku bertengkar ama suamiku. Akhirnya saking sebelnya dia aku tinggal tidur dulu en kamar aku tutup. Pas aku kebangun, aku gak lihat kalo suamiku gak ada. Trus pas aku cari ternyata dia tidur di kamar satunya hanya beralaskan tikar karena emang gak ada kasur disitu. Habis itu aku inget kalo suamiku belom makan. Akhirnya aku ke dapur, bikinin makan, trus aku bangunin deh dia aku suruh makan..
Emang kayak gitu kalo udah nikah. Sesebel or semarah apapun kita, tetep aja fitrah kita sebagai istri akan berbicara"

Hmm masalah lain muncul..
Aku samsek alias sama sekali gak bisa masak, aku suka banget tidur en bangun siang. Malah pernah tidur seharian kalo lagi weekend. Aku pemalas, dsb dsb
Gimana mo jadi istri orang??


Ok, akhirnya aku bulatkan tekad untuk menyempurnakan setengah dien. setelah menikah, perjuangan dimulai. Perubahan harus dilakukan.. Mulai dari empati terhadap pasangan, harus mengerti, dan mencintai. Bener kata orang, saat mencintai, toleransi kita akan tinggi. Itulah kenapa banyak yang bilang cinta itu buta..

Awal nikah aku masih bercita-cita menjadi istri yang ideal. Mo beresin rumah tanpa pembantu, masakin pas weekend, dsb
Tapi apa dinyana? Aku gak bisa berubah sedrastis itu. Aku yang waktu itu kerja sambil kuliah, nyampe rumah selalu di atas jam 9 malam kehabisan tenaga.
Aku hanya bisa pushed my self for cooking at weekend. Itupun jarang buanget karena kalo weekend kami refreshing jalan2 hihi...
Ampe suamiku pernah komen gini waktu lihat setrikaan menumpuk "emang orang nikah kayak gini ya?" Hikhihikhik
Akhirnya kami ambil orang buat bantuin beres2 rumah pas aku lagi hamil, dan meski akhirnya aku keguguran, kami tetep mempertahankannya :)
Dengan adanya pembantu yg beresin rumah, rumah kami jadi rumah ajaib! Berangkat berantakan, pulang udah rapi jali hehehe

Perubahan terbesar dalam hidupku saat aku udah punya anak. Waktu bermalas-malasan jauh berkurang. Jam tidur udah menipis :( Apalagi waktu kemaren 2 minggu sehabis lebaran aku gak punya pengasuh..
Aku harus bangun pk 4 pagi. Rebus air, nyuci en steril botol, bikin sarapan suami, nyiapin baju buat di TPA, nyuci baju pake mesin, mandiin ayra, dan akhirnya berangkat ke kantor..
Bahkan pas weekend suami sempet "marah" karena aku tetep bangun pagi untuk nyiapin makan.
Katanya "adek liburan kenapa bangun pagi?" Aku jawab ajah "lha khan harus nyiapin sarapan" trus dia bilang "mas mah gampang.. Kalo sarapan belom siap ya beli ajah di luar. Kayak pagi2 gitu, mas gak perlu disiapin makanan. Biar adek gak buru2. Mas bisa beli di luar koq.. Daripada ntar adek capek.." Aku jawab lagi "yahh terus gimana donk? Masak ayra juga musti makan di luar? Khan gak sehat, ada MSG dsb.." Terus diem deh suamiku hehe
Temen kantorku aja ampe komentar.. "Wah mbak, aku salut ama kamu. Dulu kamu khan waktu kost gak biasa ngapa2in. Kerjamu cuma tidur.. Sekarang bisa juga bangun pagi.."
Hehehe belom tau dia, kalo aku juga surprise ama diriku sendiri. Gak nyangka kalo bisa juga :)

Kebisaanku itu (halah bahasa opo tho iki) juga gak lepas dari pengalaman ibu2 yang gak punya pengasuh padahal juga working mom, yang aku baca di milis mpasi rumahan.. Bahkan there r some mommy that still can prepare food for their baby..
Kalo aku khan kemaren ngikut menu TPA ajah, jadi gak perlu masak buat ayra..
Yah, meski akhirnya Ayra jadi kena gula garam.. Gpplah udah setahun ini, yang penting gak pake penyedap..

Trus pertanyaan berikutnya.. "am i happy??" ofcource i enjoy it..
i love to cook for my husband, i love to take care my princess ayra..
i'm very ikhlas. That's why i still have optimistic that i can be better. for my self and them ..
i changed my self because i want to make my husband and my princess proud of me..
i should be change my self.. alright??
Aku gak merasa kalo aku terpaksa berubah.. suami juga ga nuntut macem2 kecuali ngurusin badan qeqeqeq. Tapi semua itu aku lakukan karena aku cinta.. (halahhh)
Apalagi sebagai seorang wanita, pasti semua akan kembali ke fitrah diri sebagai seorang istri dan ibu.. Itulah kenapa aku bisa berubah.

Perubahan, apalagi ke arah yang lebih baik itu penting. Kalo gak, kita gak akan bisa bertahan. Ada quote bilang "manusia dewasa itu tidak akan bisa berubah kecuali memang mereka menginginkannya" so, perubahan emang harus dari diri sendiri biar bisa tahan lama. Karena kalo kita menyadarkan niat kita berubah karena alasan orang lain, saat ekspektasi or perasaan kita terhadap orang itu luntur, semangat kita juga akan ikut luntur..

Memang, sesuatu yang abadi di dunia ini adalah perubahan itu sendiri.. Kita harus bisa bertahan dan menjadi lebih baik dengan berubah, meski kadang kita memulainya karena terpaksa!!!


“artikel ini diikutsertakan kontes Make That Change Pendar Bintang”

5 komentar:

puteriamirillis said...

salut deh ama nia,,,pagi2 dari rumahmu, wih salut

evay said...

yups yups keluarga emang bikin kita berubah, tapi perubahan yang asiiik kok berubah karena cinta prikitiiiw...
people might see it differently, but i agree, WE DO ENJOY ALL THAT MESS hehehe...smangaad bu

Dhenok Habibie said...

hmm, fitrah istri.. mungkin memang itu bahasa yang paling pas yaa mbak, dan mungkin akan dirasakan oleh semua kaum hawa yang sudah memutuskan untuk menikah.. saya belum menikah, jadi belum bisa komen banyak.. :D

Nia Angga said...

Te poy: •°°•. ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́Ϋџː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.•°°• Bener sekaleee.. I enjoy that
Neng dhenok: •°°•. ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́Ϋџː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́.•°°• Benul juga. Fitrah istri pasti akan membuat kita berusaha utuk menyenangkan anak en suami. Itu yang membuat kita jadi berubah. Ridho suami akan membuka jalan ke surga. Mg cpt merasakannya hehehe

Pendar Bintang said...

Mbak...Makasih ya udah turut serta

Mbak benar yang abadi itu adalah perubahan itu sendiri.

Perubahan demi perubahan yang ternyata berjalan sengat mulus karena memang fitrah kita ya Mbak...sangat menginspirasi dan membangunkan naluri keibuan seorang wanita.

Peluk sayang buat sang princess ya Mbak....