Menitipkan Anak di TPA (Tempat Penitipan Anak)

Wednesday, 28 September 2011
Setelah Lebaran kemaren mbak pengasuh ayra terpaksa berhenti karena masalah keluarga. Terpaksalah ayra aku bawa setiap hari ke kantor naek KRL. Aku nekat bawa ayra naek KRL dengan alasan hemat waktu. Kalo pas juni kemaren pulangnya aku naek bis, which is nyampe rumah paling cepet pk 20.00, dengan naek krl kami bisa nyampe rumah paling cepet 18.15 hehehe amazing khan??

Alhamdulilah juga ada TPA (Tempat Penitipan Anak) di kantor.. coba kalo gak ada. aku terpaksa nidurkan ayra di ruangan donk :(
Emang sih selama di TPA ayra pasti nangis kejer kalo aku tinggal. Trus begitu lihat aku pas aku jemput, dia juga pasti langsung nangis. Kayak orang ngadu "umiii kenapa tadi aku ditinggall???"
Aneh banget.. Padahal kalo pas aku datang en dia belom liat aku, dianya lagi haha hihi lho, maen ama yang lain.. eh begitu nyadar ada aku, pasti langsung nangis :(

Kalo aku pribadi sih ga masalah nitipin dia di TPA. Meskipun muahal banget (seharinya Rp 60rb, plus uang daftar ulang Rp 100rb per 6 bulan), tapi banyak sisi positifnya koq.
Contoh:
1. Ayra gak takut lagi ama orang. Sebelum di TPA, aku sering bilang ayra jago kandang soale kalo di rumah dia rame banget, tapi kalo ketemu orang langsung diem. Gak mau diapa2in. Begitu dititip ke TPA, dia udah mau berinteraksi apa orang luar.
Kemaren waktu lebaran di Jambi juga berasa banget. Sepupunya dia maunya nempel terus ama ortunya. Gak mau maen bareng, gak mau diajak becanda.. Lha ayra, meski gak mau kalo diajak orang lain, tapi dia mau maen ama mereka. Gak malu-malu.
2. Alhamdulillah sekarang kalo aku or abinya baca doa, dia udah bisa ngangkat tangannya en pas udah selese dia ngusap tangannya ke muka meski belom bisa bilang amien :)
Tadi pas aku cerita ke pengurus TPA, katanya emang ayra udah gitu pas di TPA, lha tapi aku ga pernah dikasih tauu :(
3. Ayra kalo nyanyi balonku juga udah bisa bilang dor.. Tapi kalo nyanyi "meletus balon kuning.." dia diem aja, ga mau bilang dor :(
4. Di TPA, ayra di "push" untuk belajar berani. Belajar berdiri, naek turun tangga, dsb. Secara ampe mo 15 bln dia belum bisa jalannn
5. Ayra makannya banyak banget lho di TPA. Pe er buat uminya biar bisa masak enak. Secara pas weekend dia ga mau makan masakan uminya huhuhuhu

sementara baru itu sih hihihi
tapi susahnya ya perjalanan bawa dia ke kantor itu.. harus berangkat pagi-pagi biar ke kejar krl yang masih manusiawi penuhnya.. trus kalo udah jam 4 sore, 1 hour to end of office, aku pasti udah deg2an.. ntar kereta penuh gak ya? ada gangguan krl gak ya?? dapat duduk gak ya? ayra rewel gak? dsb dsb :((



Kalo berangkat kantor pasti dia rewel kalo udah nyampe pondok ranji. nangis teriak2 karena ngantuk tapi susah tidur. Ampe waktu itu pas rewel, dia dielus2 ama bapak2 yang duduk disebelah :)
Kalo rewel gitu aku panik karena takut ganggu penumpang yang lain :'(

Nah, kemaren aku juga sempet ngalamin gangguan kereta. Gara2 ada kereta yang terbakar, terpaksa listrik di matikan. Akhirnya kereta yang aku tumpangin berhenti di tengah2 antara jurang-mangu en sudimara, dipinggir jalan tol. Alhamdulillah tetep aja ada orang baik yang nolong.. Pas aku turun dari kereta yang tinggi banget (ditengah sawah gitu lwuoh), ayra digendong ama penumpang yang udah turun.. meski ayranya jerit2..
trus pas lagi jalan menyusuri rel KA, aku dipinjemin payung, ditemenin ama orang, jadi ada temen ngobrol dan sebagainya.. Dan nyampe rumah masih 19.30 (lumayan masih kebilang sore lahh)
Alhamdulillah pas diajak jalan menyusuri rel ayra lagi bobok sambil nenen.. (yup, aku gendong ayra sambil nenenin dia hihihihi)

Eh, besoknya aku dikasih tau kalo ayra demam ampe 37,8 derajat. Aku takut banget dia sakit. Akhirnya aku pulcep aja hari jumat itu.
Semaleman ayra bobok sambil nenen. Gak sempet aku kasih obat penurun panas karena takut dia nangis jerit2 kalo nenennya dilepas :(
Alhamdulillah hari sabtunya dia udah lumayan turun panasnya. Siang hari dia bobok 4 jam. dari 10.30 ampe 14.30 termasuk emaknya (lagi ga sholat) huehehehehehe puasss bangettt
Baru dua hari kemaren aku nyadar kalo gigi geraham bawah sebelah kanan ayra udah nongol. Wah berarti panasnya kemaren itu karena mo numbuh gigi.. hehe
So sekarang gigi ayra udah 8,5. Atas 4, bawah 4, plus si kecil geraham. Gigi ke-8 nya yang bawah, sebelah kanan gigi kelinci, en numbuhnya bulan juni pas mbaknya pulang kampung tapi baru bener2 nongol pas lebaran kemaren :)

Saat ini udah ada mbak baru dari kuningan, dateng jumat kemaren tanggal 23 sept. pas hari ke-2 ditinggal kerja sendirian, alhamdulillah ayranya udah mulai luluh. Meski pas ditinggal abinya kerja, dia pasti nangis kejer, tapi pas liat kami pulang kantor, dia udah bisa lunjak2 di kasur.. Pas hari senin, dia juga gak heboh nangis pas aku pulang kantor.. gak kayak waktu di TPA.
Cuma ya pas hari senin itu dia nangis kejer paginya.. ampe abinya telpon aku pas aku lagi di kereta "dek, ayra nangis jerit2" dan aku jawab "trus gimana? adek disuruh pulang? kalo gak ditinggal kapan dia bisa ama mbaknya?? di TPA juga dia pasti nangis jerit-jerit kalo ditinggal" suamiku jawab lagi "lha itu khan di TPA. ini di komplek.. gak enak ama tetangga"
trus aku jawab lagi "lha trus mo gimana lagi? biarin aja.." akhirnya suamiku nutup telp karena putus asa.
Abis itu aku sms karena merasa bersalah "aduhh adek juga bingung. Tapi kl ada kita, dia gak adakn bisa ditinggal terus. Mau cari mbak baru??" soale pas weekend kemaren ayra nempel kami terus gak mau ama mbaknya. Beda banget ama sebelumnya.. Pas ama mbak roh, pengasuh ayra yang terpaksa berhenti, ayra langsung lengket.. Mungkin karena waktu itu ayra masih belom terlalu ngerti orang (7 bln)
suamiku cuma bilang "ya udah tunggu seminggu lagi ajah"

Makanya aku bersyukur banget ayra udah mau ama mbaknya. En mbaknya juga terharu pas ayra udah nempel ama dia. Lha buktinya dia bilang "saya sempet minder bu, ayra gak mau ama saya" hehehehe

Moga-moga mbaknya betah en tahan lama, meski track recordnya mbaknya kalo abis lebaran gak balik lagi (aku ambil kesimpulan dari cerita dia pas aku tanya pengalaman kerja dia)..
Apes-apesnya masih ada waktu ampe lebaran tahun depan. Selamat berjuang mengejar sesuatu yang tertundaa.. mumpung ada mbak pengasuh hehehe..

9 komentar:

Nchie said...

Hai..
Ummi nya Ayra..
Salam knal ya..

Kalo MAsalah anak suka terenyuh,kasian juga ya Ayra dititipin di TPA kantor,hiks..

Meskipun muahal,tapi sebanding kan dengan menjaga anak dan mengasuhnya dengan baik..

Sini Ayra di titip di Tante nchie aja..

Nia Angga said...

haloo tante nchie salam kenal jugaa... boleh2 dititipin disana, tapi meni jauh pisan yak di bandung :((
*eh bandug apa jakarta yah??

Anonymous said...

Penitipan Anak Rumahku cibubur villa2 adalah tempat penitipan anak usia 2bulan-12tahun. Buka pukul 05.00-20.00, untuk hari senin-jumat.

Biaya untuk non member :
- Untuk bulanan 2bln-12bln = Rp 800.000/bulan/anak
- Untuk bulanan 1th-12th = Rp 750.000/bulan/anak.
- Untuk Mingguan 2bln-12bln = Rp 400.000/minggu/anak
- Untuk Mingguan 1th-12th = Rp 350.000/minggu/anak
- Untuk Harian 2bln-12bln = Rp 80.000/hari/anak
- Untuk Harian 1th-12th = Rp 70.000/hari/anak
- Pendaftaran Rp. 100.000/anak.
- Belum termasuk biaya kesehatan, susu dan diapers.
- Fasilitas umum : Cuci baju anak, pengasuh, makan 3-4x sehari, pembelajaran sesuai usia anak oleh guru berpengalaman dan pemantauan psikolog.

Biaya untuk member :
- uang pangkal Rp 2.500.000/tahun/anak
- uang spp 2bln-12bln = Rp 600.000/bulan/anak
- uang spp 1th-12th = Rp 500.000/bulan/anak
- pendaftaran Rp 50.000/anak
- Belum termasuk biaya kesehatan, susu dan diapers.
- Fasilitas khusus : kasur, peralatan mandi, peralatan makan, peralatan belajar dan box pakaian (tidak bergabung dengan anak lain).
- Fasilitas umum : Cuci baju anak, pengasuh, makan 3-4x sehari, pembelajaran sesuai usia anak oleh guru berpengalaman dan pemantauan psikolog.

Alamat : Cibubur Villa 2, Blok A 31, Kel Harjamukti, Kec Cimanggis, Depok.

No Kontak :ms Happy = 082157751355, 085883569968 dan 087887979536.

daycareauladi said...

salam kenal... maaf ikut bagi info ya... Alhamdulillah…telah dibuka daycare/tempat penitipan anak AULADI” di daerah padalarang dan cimahi, bagi bunda yang sibuk bekerja kami insyaallah siap untuk membantu mengasuh dan mendidik putra-putrinya,
alamat lengkap :
1. daycare /paud/kober AULADI - Bandung - Padalarang
Komp. Pondok Padalarang Indah / Komp. PPI
Jl.GA Manulang Blok G10 No. 17 Rt 02 RW. 28
Kec. Padalarang Kabupaten Bandung Barat
2. percis belakang puskesmas padasuka RT. 03 RW. 21 cimahi tengah Kota Cimahi
informasi dan pendftaran :
BU ANIS HP. 022 76054307/085222981974

Windu Fitriyanti said...

Hai...
Ummi Ayra
ijin Share yaa…

Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak di bawah naungan Yayasan Tri Mitra Sejati menerima pendaftaran peserta didik baru
Tempat Kami :

Penitipan Anak/Daycare Sekar Ananda di Jl. Kentang n0 8a Depok-utara, beji Kota Depok

KB/TK Sekar Ananda Jl. Kembang no 58 RT 005/13 Kecamatan Beji, Kota Depok

kami siap menjadi patner ayah-bunda dalam pengasuhan dan pendidikan Ananda tercinta dengan segenap hati dan tanggung jawab harga terjangkau hubungi : 081210638520, 081380154167,085695566586 (Bunda Windu Fitriyanti)atau di http://www.sekarananda.com, daycarekbtksekarananda.wordpress.com, daycarekbtksekarananda.blogspot.com/‎

Windu Fitriyanti said...

Hai...
Ummi Ayra
ijin Share yaa…

Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak di bawah naungan Yayasan Tri Mitra Sejati menerima pendaftaran peserta didik baru
Tempat Kami :

Penitipan Anak/Daycare Sekar Ananda di Jl. Kentang n0 8a Depok-utara, beji Kota Depok

KB/TK Sekar Ananda Jl. Kembang no 58 RT 005/13 Kecamatan Beji, Kota Depok

kami siap menjadi patner ayah-bunda dalam pengasuhan dan pendidikan Ananda tercinta dengan segenap hati dan tanggung jawab harga terjangkau hubungi : 081210638520, 081380154167,085695566586 (Bunda Windu Fitriyanti)atau di http://www.sekarananda.com, daycarekbtksekarananda.wordpress.com, daycarekbtksekarananda.blogspot.com/‎

Windu Fitriyanti said...

Hai...
Ummi Ayra
ijin Share yaa…

Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak di bawah naungan Yayasan Tri Mitra Sejati menerima pendaftaran peserta didik baru
Tempat Kami :

Penitipan Anak/Daycare Sekar Ananda di Jl. Kentang n0 8a Depok-utara, beji Kota Depok

KB/TK Sekar Ananda Jl. Kembang no 58 RT 005/13 Kecamatan Beji, Kota Depok

kami siap menjadi patner ayah-bunda dalam pengasuhan dan pendidikan Ananda tercinta dengan segenap hati dan tanggung jawab harga terjangkau hubungi : 081210638520, 081380154167,085695566586 (Bunda Windu Fitriyanti)atau di http://www.sekarananda.com, daycarekbtksekarananda.wordpress.com, daycarekbtksekarananda.blogspot.com/‎

Windu Fitriyanti said...

Ijin Share yaa…

Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak di bawah naungan Yayasan Tri Mitra Sejati menerima pendaftaran peserta didik baru
Tempat Kami :

Penitipan Anak/Daycare Sekar Ananda di Jl. Kentang n0 8a Depok-utara, beji Kota Depok

KB/TK Sekar Ananda Jl. Kembang no 58 RT 005/13 Kecamatan Beji, Kota Depok

Fasilitas:
- 1 Fasilitator/guru pendamping: Max. 3 anak
- Didampingi oleh tenaga Bimbingan Konseling/psikologi
- Umum/muatan agama setiap hari (terpisah)
- Aktivitas harian yang dirancang untuk menstimulasi perkembangan anak
- Laporan perkembangan harian
- Keamanan terjamin
- Pro-ASI
- Menyediakan makan dan snack yang sehat dan bergizi
- Pijat bayi
- Konsultasi dengan dokter, dokter gigi dan psikolog pendidikan anak (2 bulan sekali)
- Ruang Tidur Full Ac
- Ruang selalu bersih
- Toilet Training

RINCIAN BIAYANYA PENGASUHAN HALF DAY (5 Jam) di mulai jam 07.00 s/d 12.00 atau 12.00 s/d 17.00 WIB

KEANGGOTAAN
Member_Bulanan : 550.000
Non Member_Harian : 30.000
Non Member Mingguan : 150.000
Over Time/Jam 10.000 Awal/Akhir

RINCIAN BIAYA PENGASUHAN FUL DAY (10 Jam) 07.00 s/d 17.00 WIB

KEANGGOTAAN
Member_Bulanan : 750.000
Non Member_Harian : 50.000
Non Member Mingguan : 220.000
Over Time/Jam 10.000 Awal/Akhir

RINCIAN BIAYA PENGASUHAN SAMPAI MALAM (12 Jam) 07.00 s/d 19.00 WIB

KEANGGOTAAN
Member_Bulanan : 950.000
Non Member_Harian : 70.000
Non Member Mingguan : 270.000
Over Time/Jam 10.000 Awal/Akhir

SYARAT PENDAFTARAN

1. Biaya Pendaftaran
Member Rp. 100.000 (per 3 bulan)
Mingguan Rp. 30.000
Harian Rp. 10.000
2. Uang pangkal/member Rp. 500.000 (Free masih dalam Promo)
3. Mengisi Formulir pendaftaran + data anak, dilengkapi dengan melampirkan:
4. Untuk Member Mengisi dan menandatangi surat perjanjian penitipan anak
Foto Copy Akte Kelahiran + Kartu Keluarga
Foto Copy KTP Orang Tua (ayah + ibu / wali)
Pas Foto 3 x4 = 4 Lembar
5. Membawa perlengkapan-perlengkapan pribadi seperti Celada Dalam, Singlet, Baju salin :
6. Membawa harian :
Susu Formula/ASIP, botol susu dan perlengkapannya
Anak-anak di perbolehkan untuk membawa lauk pauk tambahan dengan catatan boleh berbagi dengan teman-temannya.
Orang Tua membekali anak dengan snack / makanan pribadi (Jam makan mengikuti ketentuan yang diatur oleh Sekar
Ananda Day Care)

CATATAN :
1. Jam Kerja 07.00 s/d 19.00 WIB.
2. kami siap menjadi patner ayah-bunda dalam pengasuhan dan pendidikan Ananda tercinta dengan
segenap hati dan tanggung jawab.
3 .hubungi : 081210638520, 081380154167,085695566586 (Bunda Windu Fitriyanti)atau di
http://www.sekarananda.com, daycarekbtksekarananda.wordpress.com,
daycarekbtksekarananda.blogspot.com/‎
4. Ayah-Bunda alamat kami strategis dekat sekali dari terminal dan Stasiun Depok Baru,
Kami Berada di Jalan Kentang no 8A Depok-Utara,Kecamatan Beji, Kota Depok (perumahan yang
asri, nyaman dan kondusif.
5.tempat kami terbatas, ayah-Bunda yang ingin meempercayakan kepada kami kami bersedia dengan
tulus dan ikhlas mengemban amanah yang Ayah-Bunda berikan kepada kami.

Bubblegum Daycare said...



Halo Bunda.. ijin sharing ya, buat Bunda2 yang sedang bingung mencari daycare di sekitar Grand Depok City atau stasiun depok lama
Kami Hadir untuk membantu Ayah & Bunda

BUBBLEGUM Daycare & Early Education Center

Fasilitas :
1. Ruang Bermain yang lengkap (Aneka permaina edukatif, indoor+outdoor )
2. Perpustakaan & Ruang Belajar Mini (dengan fasilitas buku penunjang yang lengkap)
3. Ruang Tidur yang bersih & Higienis (Full AC)
4. Laporan harian & Bulanan
5. Mozart Music – Musik yang dapat menstimulasi otak anak ( buah hati anda akan mendengarkan music klasik untuk penghantar tidur siang )
6. Makanan yang sehat dan bergizi
7. Pembimbing & Pengasuh yang berpengalaman ( Rasio Pengasuhan 1:3 )
8. Loker Pribadi Anak & Toilet Training
9. Kunjungan Psikolog & Dokter yang rutin
10. Parenting Class bagi orang tua
11. Bilingual System

Buah Hati Ayah & Bunda tidak sekedar di asuh tetapi juga diasah kretivitas dan kecerdasan buah hati bunda

Kunjungi kami di :
Bubblegum Daycare & Early Education Center
Grand Depok City, Cluster Alpinia Blok i No 2

Contact Person : 08567018866 ( Bunda Dita )
http://www.bubblegumdaycare.blogspot.com
FB: Bubblegum Daycare & Early Education Center

Biaya Rp. 800.000 / Bln
Free 2 Days Trial
Free Biaya Pendaftaran ( Masih Dalam Promo )