Pernikahan

Wednesday 17 August 2011

Becandaan dari seorang instruktur waktu aku diklat adalah "Pernikahan itu ada sesuatu yang kalo di luar orang pengen cepet-cepet masuk, tapi kalo udah di dalam orang pengen cepat-cepat keluar" hehehe

Bicara ttg nikah seperti orang bicara cinta ga akan ada habisnya. Banyak orang nikah karena saling cinta. Tapi gak sedikit yang nikah karena alasan lain. Entah dijodohin(masih jaman gak sih?), karena MBA (married by accident) or sebab lainnya.

Dulu ada seorang temen yang sulit saat memutuskan mau nikah. Dia bimbang dari beberapa sisi. Sehingga ada jargon dari kami yaitu dalam memutuskan untuk menikah, kita harus menyeimbangkan antara logika dan perasaan. Kenapa? That's so simple answer.. Orang ga bisa hanya hidup dengan cinta. Perut harus makan, suami harus kerja, dan harus memikirkan langkah selanjutnya setelah nikah. Nikah is only the beginning. Tapi disisi lain, ga mungkin dong orang nikah tanpa cinta.. Saat orang cinta, tingkat toleransinya tinggi. Mereka akan dengan suka rela memahami eah other. Saling mengingatkan dan memaafkan saat ada kesalahan dalam proses pembelajaran.
Nikah dengan adanya cinta aja susah, apalagi kalo gak ada? Secara kita manusia, bukan robot :D
Saat dulu aku mau nikah, bosku bilang "meski kamu di depan penghulu,sesaat aja kamu ngerasa tidak yakin, lebih baik kamu mundur.Meski itu nanti bakal nyakitin orang tua dan mereka akan malu, its ok. Mereka pasti akan nerima.
Ibuku juga pernah memberikan nasihat ga mungkin bisa menemukan orang sempurna. Tapi kamu pasti akan menemukan orang yang kamu sreg!

Setelah nikah, permasalahan yang sering banget timbul perselingkuhan. Ada banyak alasan orang berselingkuh. Banyak orang yang meski udah punya pasangan yang perfect (istri cantik, bisnis sukses, kehidupan sex bagus) tetep aja selingkuh. Aku kadang juga heran dengan mereka. Apa yang mereka cari? Sepertinya mereka hanya ingin having fun. Emang ada beberapa orang yang senang dengan kegiatan yang memicu adrenalin. Bahkan ada temen yg bilang kalo s*x yang dilakukan dengan orang lain, bukan pasangan yang sah emang ada sensasi tersendiri. Bang roma aja pernah bilang dosa itu kenapa yang enak-enak ya? Hehe
Ada temenku yg bilang kalo selama nikah dia sering diselingkuhin ama suaminya, Meski ga nyampe ada perselingkuhan fisik. Hingga dia ngasi nasihat ke aku "kita gak akan tau gimana suami kita saat diluar. Senjata istri hanya doa. Berdoa yang banyak, biar rumah tangganya samara dan bisa jadi istri yang solehah.
Memang sih kita harus punya sabar yang sangat luas. Kita nikah dengan manusia tempatnya salah dan dosa. Bullshit itu dongeng2 fairytale yang bilang nikah trus happily ever after.. Yang penting kita selalu ingat dengan alasan dan tujuan kita nikah untuk apa. Akan lebih baik kalo nikah itu niatnya karena Allah. Biar kita ada tempat bersandar saat ada masalah. Biar kita kuat, sabar, dan ikhlas saat ada masalah. Belajarlah mencintai tanpa syarat supaya kita tidak dikecewakan. Kita memberi tanpa pamrih untuk pasangan yang kita cintai dan sayangi. Perkuat pondasi pernikahan boiar kalo badai kita we still can stand. Meski banyak pernikahan yang gagal, tapi lebih banyak lagi yang berhasil.
Insya Allah, Allah selalu mempermudah niat baik seseorang untuk membentuk keluarga samara amien.

3 komentar:

puteriamirillis said...

dalam pernikahan yang utama terus2 belajar dari kedua pasangan..insya allah kita bisa ya ni..

*story pudding 4 wedding..yeay..

dhila13 said...

emm....
semoga tetap langgeng ya pernikahannya.. insya Allah :)

Nia Angga said...

mbak puteri, dhila : amien.. makasih yee