Ayra 21 Month

Sunday, 8 April 2012
Udah lama banget ga ngeblog karena lagi kecanduan baca topeng kaca online, hari ini aku mo nulis tentang si kecil ayra.

Alhamdulillah usianya udah 21 bulan, yang berarti bentar lagi udah 2 tahun.
Meski udah semakin gedhe, tetep aja maemnya susah. Segala macam cara udah dilakuin, tapi tetep belum berhasil. Mulai pijet refleksi buat anak, minum vitamin, ganti menu, ampe makan enak di restoran ternyata tidak menumbuhkan semangat makannya dia ( ˚̩̩̩╭╮˚̩̩̩ ) .

Tapi jangan nanya "gimana susunya?" Waduhh dia maniak asi. Vitamin penambah nafsu makan sukses menambah nafsu minum susunya. Sehari bisa habis sekitar 500ml asi, padahal penghasilan asi umminya tinggal 260ml :(
Persediaan asi semakin menipis, hingga aku pesimis apakah ayra bisa full asi ampe 2th ya?? Hiks
Kalau ada aku di rumah, ayra maunya nenen terus "kakak num agi (kk minum lagi)", kalo ga "kakak num umi he eh"

Kalo udah kayak gitu ga bisa bilang ntar. Dia pasti maunya saat itu juga #tepok jidat
Hal yang sangat menyenangkan, sekarang udah masanya tebak-tebakan. Tebak-tebakan apa? Yaa.. Menebak dia ngomong apa. Dengan bahasa yang amburadul kayak nyemot (monyet .red) or tata bahasa yang ga jelas "kakak enih duduk heeh - sambil angguk-angguk (kakak duduk sini ya)", sampai bahasa planet yang kami pun bingung artinya apa.
Dan, kalo kami nanya "apa kak?" Or "Kakak omong apa?" Lebih dari 3x, biasanya dia langsung ngamuk.

Ini kamus ala ayra:
Abing : ambil
Agan2 : agar2
Bibim : bibir
Coyat : sholat
Cuda-cuda : kuda-kuda
Cudah : sudah
Dabut : rambut
Dangun : bangun
Dayam : dalam
Diyu : biru
Doya : bola
Dundang. : bundar
Empat : empat(angka)/tempat
Endok : sendok
Enggak nau : enggak mau
Enih : sini/ini
Jayan-jayan : jalan2
Kuuwal : kluar
Macak : masak
Meyah : merah
Mobin / mobing : mobil
Nana : celana
Nanas : panas
Nangan : jangan/tangan tergantung konteks
Nata : mata
Ndada : tidak ada
Ninum : minum
Nuning : kuning
Nyimut : selimut
Picang : pisang
Tuping : kuping
Yaya : saya
Yayi : lari
Yayon : balon
Yiyi : diri (berdiri)

Ayra juga sering ngamuk kalo permintaannya ga segera diturutin. Mungkin selama ini mbaknya terlalu manjain dia biar ayranya ga nangis.

Tapi yang bikin salut, kadang dia tuh kayak ngerti apa yang sedang kuomongin. Pernah suatu ketika aku marah ama dia karena ga mau minum madu. Aku bilang "kakak minum madu dong, tuh sakitnya jadi ga sembuh-sembuh khan? Umi tuh ga suka kalo kakak musti minum obat. Kebanyakan zat kimia itu ga bagus buat tubuh". Eh alhamdulillah habis itu dia mau minum madu wekekekek.
Sekarang aku dan abinya ayra sedang belajar untuk bisa menjadi orang tua yang baik. Semoga ayra-pun bisa menjadi anak yang sholehah, sabar, dan berbakti kepada kedua orang tua. Amien

17 komentar:

Tebak Ini Siapa said...

Hihihi...
Selamat ulang bulan ya Ayra :)

Mama Olive said...

selamat ya Ayra..

lama ga mampir sini juga blognya ayra..

Yunda Hamasah said...

Ayra makin gede ya, semoga makin sholeha ^^ Bentar lagi 2 tahun :)

Samaranji said...

Amin.
;)

catatannyasulung said...

waah, itu ayranya kok tidur di deket monitor mbak :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Selamat ulang bulan ya Ayra semoga sehat selalu. ayo yg rajin minum madunya enak loh

Nia An.comgga said...

siyapp om-om dan tante-tante..
makasih yaaa.. muacchhh

Saturnus said...

wah...cantik ya...

Yunda Hamasah said...

Nia apa khabar?

outbound training di malang said...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

cara alami mengobati asam urat said...

wah udah bikin bahasa sendiri rupanya :),,hehehe

Himi^^ said...

wahahha..
bhs alay assek bgt ..
ahahha.. -___-

obat sakit asam urat said...

selamat ya...

outbound malang said...

kunjungan gan .,.
bagi" motivasi .,.
jangan pernah mengeluh dengan apapun .,.
tetaplah semangat dan nikmati semua.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

puteriamirillis said...

ayra sudah besar ya nia, sudah pintar, umminya juga rajin deh nyatetin kata2 yg ayra sudah bisa..nice...

BlogS of Hariyanto said...

selamat ya..semoga Ayra sehat bahagia selalu :)

Della said...

Uapaaaaaaaaaaa??? Topeng Kaca online???? Link-nya dooooooooooooooongggg.. beli komik sekarang mahal banget :p
Anak-anak emang ngerti apa yang kita omongin, Ni, asal ngomongnya jelas. Makanya nggak dianjurkan untuk ngomong dicadel-cadelin ke anak.
Eh, bulan depan ultah dong ya? *kedip-kedip*