Susah Dijelaskan Dengan Kata-kata

Tuesday, 7 August 2012
Susah dijelaskan dengan kata-kata..

Hm, pernah ga sih kamu mendapat jawaban itu saat menanyakan sesuatu ke orang lain?

Kalo pertanyaannya "bagaimana perasaanmu saat ini?" dan dijawab "susah dijelaskan dengan kata-kata". Its oke, ga masalah. Karena memang namanya perasaan itu kadang hanya bisa dirasakan tanpa bisa diucapkan.

Namun kalau pertanyaannya "kerjaanmu apa? kamu bikin skripsi tentang apa?"
trus dijawab "susah dijelaskan dengan kata-kata"..

Weehhh helloww, u r not the smartest people in the world dear! Justru hal itu bisa jadi menunjukkan kemalasan or ketidaksmartanmu. Belum tentu orang yang kamu ajak bicara tidak mengerti apa yang akan kamu jelaskan, meski mungkin itu bukan bidangnya.

Orang yang smart adalah orang yang mampu menjelaskan hal yang rumit secara sederhana dan bisa dimengerti orang lain. Berapa banyak dosen atau guru yang memiliki kemampuan seperti itu? Berapa banyak orang pinter yang tidak mau membagi ilmunya dengan alasan dia tidak mau capek2 mengajarkan ilmunya ke orang awam? Tentu bejibun!

Hati-hati jawaban itu bisa membuat orang tersinggung lho...
Pasti orang yang menerima jawaban itu akan bersungut-sungut "emang aku bodo banget po? lak dijelasne juga belom tentu aku ga ngerti.."

Pastikan beri penjelasan secara sederhana, tidak perlu membicarakan hal teknis, dan utarakan logikanya aja. Dengan kamu memberikan penjelasan dan tidak menganggap remeh orang, pasti kamu akan lebih dihargai orang lain.
Jangan lupa, salah satu amalan yang akan terus mengalir saat kita meninggal adalah ilmu yang bermanfaat.

3 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

aku tuh mbak suka susah mnejelaskan :) dari jaman kuliah kalau buat program bisa tapi kalau disuruh jelaskan mikir

Samaranji said...

Typo, ada yang salah ketik keknya :

Namun kalau pertanyaannya "kerjaanmu apa? kamu bikin skripsi tentang apa?"
trus dijawab "sudah dijelaskan dengan kata-kata"..

Kebangetan keknya kalo pertanyannya gitu di jawab gituh, ya Mbak... :D

Della said...

Kalo kata Albert Eistein, "If you can't explain it simply, you don't understand it well enough."
Kesimpulan? Orang itu juga sebetulnya nggak ngerti apa yang lagi dia bikin, Ni. Hehehe..