Tips Pernikahan

Wednesday, 28 December 2011
gambar diambil dari sini
Iseng-iseng nulis ttg apa yang harus ada dalam suatu pernikahan. Miris saat dengar seorang teman baik yang curhat masalah pernikahannya yang tidak harmonis anymore. Meskipun umur pernikahanku baru 3,5 tahun, aku coba menuliskan ini untuk pengingatku juga nanti demi meraih keluarga yang samara en harmonis happily ever after. amien

1. Kompromi
Nobody perfect. Dulu sebelum nikah, ibuku pernah berpesan "kamu tidak akan pernah menemukan orang yang sempurna, tapi akan ada orang yang sreg di hati kamu. Itulah nanti orang yang bisa jadi suami kamu"
Akhirnya memang aku menikah dengan orang yang sama sekali bukan tipe aku secara fisik. Tapi entah kenapa aku cinta dan sayang sama dia..
Kami sama-sama pelupa, sama-sama suka bangun siang, dan juga sama-sama seneng jalan. Namun demikian tetep ada aja kebiasaan yg jauh beda. Dia suka dingin, aku ga kuat dingin. Dia suka makan santan, aku tidak suka, dia suka tidur malam, aku suka tidur cepat. Itulah mengapa dibutuhkan kompromi. Kita ga mungkin merubah seseorang menjadi apa yang kita mau, karena itu berarti kita tidak mencintai orang itu dengan tulus, melainkan kita mencintai cermin diri kita sendiri..
Satu-satunya jalan yang harus kompromi. Semisal dulu waktu pertama ngontrak, suami kalo tidur harus pake kipas angin yang langsung kena badan. Sedangkan aku ga kuat, en pasti masuk angin. Pagi2 bangun dengan perut mules. awalnya aku suka komplain, en pernah ampe suami tidur di lantai biar tetep dingin en merdeka menikmati kipas angin. Lama-lama akhirnya aku mengalah, dan tidur pakai selimut.. That was so easy!
Selalu ada jalan untuk mengkompromikan kebiasaan, namun kadang we make it so complicated!

2. Minta maaf
Jangan pernah saling mengedepankan ego. Meski kadang kita ga ngerasa salah, gpp koq minta maaf duluan. Menyenangkan orang lain berpahala lho.. Mengalah bukan berarti kalah!

3. Saling percaya vs terbuka
Hmm apa enaknya punya pasangan yg curigaan, over protektif, dan suka absen pagi siang sore malam?
Kalo aku sih ga suka! Setiap orang pengen punya privacy sendiri, that's why we need "me time" so ga perlu lah terlalu pengen ngecek posisi pasangan! Percaya aja kalo pasangan kita akan menjaga diri. Ini terutama buat pasangan yang LDR ya.. Tapi kita tetap harus waspada kalo pasangan kita mulai aneh-aneh *moga2 never!

Supaya saling percaya itu tumbuh, kita juga harus terbuka dengan pasangan. Terutama untuk hal-hal sensitive seperti keuangan dan kehidupan ranjang. Jangan sampai pasangan kita hidup dengan prasangka masing-masing dan akhirnya berujung ke rasa tidak puas yang merupakan bibit pertengkaran.

Cinta ibarat pasir. Saat kita menggenggam terlalu kuat, pasirnya pasti akan berjatuhan. Pun saat kita hanya meletakkannya di tangan terbuka kita, pasirnya akan terbang kemana2..

4. Katakan cinta dan berikan kejutan
Saat usia pernikahan memasuki bilangan bertahun2, kadang rasa cinta itu mulai memudar. Ada teman yang usia pernikahannya memasuki th ke 9 bilang kepadaku "aku bingung Ni, rasa cinta itu kemanaa" dan saat itu juga aku lgs sms suamiku "mas, kalo nanti usia pernikahan kita udah masuk 5 th, 10 th, or lebih, jgn pernah bosen ama ad ya.." Hahaha dasar lebay!!!
So, seperti yg pernah disarankan oleh temenku yg udh 10 nikah en tetep langgeng, dia bilang "sering-seringlah pacaran"
Woww, maksudnya tentu pacaran dg pasangan kita. Saat pacaran kita sering bilang I L U, I M U, en kasih kejutan sehingga hati jadi berbunga2. Do it even statusnya udah menikah!
Tapi jangan terlalu over yah. Sesuatu yg over bikin ga nikmat ;) 
gambar diambil dari sini

5. Agama dan ilmu
Segala sesuatu harus dilandaskan agama agar punya pijakan yg kuat. Memang namanya iman tuh naik turun. Makanya kita harus sering belajar agama untuk memperkokoh iman, bukan imron.
Agama juga mengajarkan gimana cara menjadi istri en suami yang baik. Agama apapun itu. Dengan memiliki ilmu itu, Insya Allah kita bisa meraih tujuan pernikahan yaitu keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Aminn

6. Melayani dan Perhatian
Sebagai istri, fitrah kita adalah melayani. Secapek dan sekesel apapun kita ama suami, kita tidak boleh menelantarkan dia. Kita harus perhatian terhadap pasangan. Hal itu berlaku buat suami or istri. Dengan kita berempati dan care terhadap pasangan, pasti akan mempererat dan menumbuhkan rasa cinta yang semakin dalam.

7. Mendengarkan
Manusia dikaruniai 2 telinga untuk mendengar dan 1 mulut untuk bicara. Namun karena lidah tak bertulang, seringkali kita lebih sering untuk berbicara dibanding mendengarkan. Saat pasangan berbicara, diam dan dengarkan. Dan setelah dia selesai berbicara barulah kita boleh bicara. Kalau ada 2 orang berbicara bersamaan, tidak akan ada informasi yang kita terima.
gambar diambil di sini

8. Komunikasi
Komunikasi yang efektif adalah modal yang sangat penting dalam suatu hubungan. Tidak semua pasanganan di karuniai sixth sense. Suami bukanlah peramal dan ahli nujum, so dia tidak akan ngerti keinginan kita kalo kita tidak mengkomunikasikannya ke dia. Because of girls from venus, and man from mars :)
Seringkali aku ngambek ama suami gara-gara dia ga ngerti apa yang aku pengenin. Aku emang sengaja cuma ngasi informasi setengah-setengah berharap dia cukup peka untuk mengerti apa yang aku inginkan. Tapi itu not working sodara2! sampe tua pun aku ga akan pernah bisa mendapatkan keinginanku itu. Sampai pada suatu saat dia bilang "makanya omong ke mas kalo pengen sesuatu. mas khan bukan peramal".. hiks suamiku emang ga romantes...
alhasil sekarang kalo pengen sesuatu aku teruuss aja bahas keinginanku itu sampe dia ngeh seperti pada cerita ini
gambar dari sini

Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi dengan baik-baik dan tidak pake otot yaaa..

9. Menghargai
Saling menghargai keinginan dan keputusan pasangan sangat penting supaya hubungan kita dengan pasangan makin langgeng. Tidak boleh ada ego dalam suatu hubungan!

Intinya, dalam suatu pernikahan itu 1/2 + 1/2 = 1 bukan 1 + 1 = 2


Semoga pernikahan kita adalah pernikahan yang diridhoi oleh Allah, dan pasangan kita adalah pasangan dunia dan akhirat kita. Amien

Buat Anis dan Angga, semoga pernikahan kalian langgeng sampai akhir hayat, hanya maut yang dapat memisahkan kalian, semoga terkabul semua doa-doanya, wish u happily ever after, dan semakin saling mencintai each other. Amien

Tulisan ini saya ikutsertakan di acara 5th Anniversary Giveaway: Ce.I.eN.Te.A yang diselenggarakan oleh zoothera

18 komentar:

Yunda Hamasah said...

Mantap Nia, komplit banget ;)

Kenapa nggak diikutkan di GA CE I eN Te A -nya Anis aja, hanya usulan ;)

Lozz Akbar said...

he-eh ni napa gak diikutin ke GAnya mbak Anies ya..

matur nuwun mbak Nia tentang tauziyah seputar pernikahannya.. Nanti akan coba saya praktekkan saat dah nemu yang sreg ya

sin1aja said...

wihhhh makasih tipsnya tapi masih belum pengen nikah hehehehe tapi tips nya akan slalu di ingat

Della said...

Amiiiinn..
Tengkyu tipsnya, Nia. Catet aaaaaaaaahhh :D
Btw suamiku juga senengnya tidur di kamar dingin, sementara aku nggak tahan dingin. Solusinya juga sama, aku yang pake selimut, hehehe..

Zilha said...

ahaaa.. dpt tips baru neh.. sy sebagai penganten baru mengucapkan terima kasih atas tipsnya yah suhu nia angga hihihii

thankies mba ni..

21inchs said...

Aamiin...

rusydi hikmawan said...

ya jangan mengedepankan ego, itu yang sudah saya pelajari dan saya alam

rezkaocta said...

smoga tipsny bisa d inget nih pas dah nikah nanti.hehe
kunjungan pertama mb, slam kenal
=D

Asop said...

Ego. Itulah yang bisa membuat bahtera rumah tangga retak kalau gak bisa dikendalikan dg baik.. :(

Lidya - Mama Pascal said...

mbak postingannya bagus knapa ga diikutin lomba

Asep Saepurohman said...

wah lumayanlah buat bekal nanti :)

Ila said...

mba, ikutkan lomba aja, hehe :D

aku kapan ya? pengennya tahun depan nikah, hehe. doain ya, mbak :">

Nia Angga said...

bunda, lozz, mbak lidya, kiky: wes aku ikutkan juga dilomba. inspirasi nulis ini emang karena lomba itu. tapi kufikir waktunya udah lewat :)

sin1aja, asep: nikah itu enakkkk lhoo *kompor

della: toss dong kita. kapan kita kemana?

aa, 21inchs: sama2, semoga bermanfaat

rusydi, asop: setujuuuuu... emang itu hal yang paling susah yah..

rezkaocta: makasih atas kunjungannya ya.. salam kenal jugaa

bisnis online said...

hahaha kok lucu sih pengalamannya :D tapi bener sekali, bagus nih postingannya, wajib dibaca orang yang belum nikah xixixi

zoothera said...

Wheloowwww... maapkeun baru mampir ke TKP.. beloman telat ko mba Nia, kan hari ini duedatenya..
TIpsnya oke banget mba bener-bener harus diterapkan oleh semua pasangan yang sudah menikah.
Makasiy yaa udah ikutan dan makasi juga untuk ucapan dan doanya :)

Linkny udah kumasukin ke list peserta yaksss

Tanto said...

Selamat tahun baru 2012. Tips yang sangat berguna. Nice info

the others said...

Tipsnya bagus banget.. dan selamat berkontes. Semoga menang ya...

Sayang aku gak bisa ikutan...:(

Jefry said...

Tipsnya unik banget
trims..