Tiga Kata Ajaib

Sunday, 22 January, 2012
Terima Kasih, Maaf dan Tolong adalah kata-kata ajaib.
Kenapa bisa beg beg gitoo??
Yahh meski itu hanya kata2 yang sederhana, tp memberikan makna yang sangat dalam untuk orang yang kita ajak bicara.

Terima Kasih
Pernahkah kamu kesal saat kamu membantu orang, tapi alih-alih dia memberimu balasan, bahkan sekedar tersenyum or mengucapkan terima kasih pun tidak!
Trus apakah itu berarti kalo kamu tidak ikhlas? Belum tentu!
Manusiawi, setiap orang butuh penghargaan. Bukan berarti kamu tidak ikhlas dan ingin balasan, tapi kalo orang yang kita bantu mengucapkan terima kasih, tentu hati kita akan membuncah dan kita akan lebih semangat membantu orang.
Membantu orang merupakan kebahagiaan tersendiri.
Ahh itu beda dengan riya (pamer) lho ya..

Pernah suatu ketika, ada ibu2 yang meminta aku untuk merelakan tempat dudukku di kereta untuk ibu2 lain yang sedang hamil. Saat aku udah berdiri, dan ibu berhasil dapat duduk, jangankan mengucapkan terima kasih. Tersenyumpun tidak. Waktu itu aku tidak ambil pusing karena toh itu kewajibanku memberi tempat ke ibu hamil. Aku hanya kaget saat ibu2 yg berdiri disebelahku mengucapkan terima kasih kepadaku. Padahal diapun tidak kenal dengan ibu2 yang kukasih tempat duduk.
Deg! Aku kaget, ternyata masih ada orang yang sangat menghargai arti "terima kasih", dan perasaanku jadi bahagia.

Maaf
Seringkali aku kesal dengan orang yang tidak sengaja menginjak kaki atau mendorong2 di kereta. Kadang saat mereka mendorong, mereka tidak mengucapkan maaf atau permisi, malah sengaja menyingsingkan lengan baju.
Beeuuhh rasanya pengen ku marah-marahin aja orang itu.
Trus lagi, ada berapa pasangan suami-istri yang saling meninggikan ego, tidak ada yang mau meminta maaf saat bertengkar? Mereka masing2 tidak ada yang merasa salah dan mau mengalah. Wedewww sumber perpecahan tuh.
Disisi lain, ada juga yang dikit-dikit bilang "maaff.. Bukannya saya mau bla bla bla" inget sinetron bajaj bajuri. Itu berarti orangnya ga enakan..
So, maaf adalah kata2 yang sangat penting untuk mengungkapkan perasaan bersalah, menyesal, or bahkan hanya untuk alasan kesopanan. Jika memang melakukan kesalahan, berbesar hatilah! Ucapkan maaf.. Meski mungkin korban kesalahan kita tidak mau memaafkan, dan malah memaki-maki, berarti dia bukan orang yang berjiwa besar.
Kita harus mudah mengucap maaf, memberi maaf, dan jangan menyimpan dendam. Dendam hanyalah sumber penyakit hati.

Tolong
Weehhh ini lagi. Kata yang cuma 6 huruf ini juga syuussaaahhh bgt keluar dari mulut mungil kita. Kita malah lebih lancar mengucapkan sumpah serapah berpuluh2 kata dibanding satu kata ini.
Kata 6 huruf ini sangat ajaib lho. Bisa mengubah kalimat perintah menjadi kalimat permohonan yang berpengaruh ke psikologis orang yang diajak bicara.
Bandingkan "Mbak, ntar bersihin kamar mandi ya" dengan "Mbak, ntar tolong bersihin kamar mandi ya"
Kalimat kedua tentu lebih enak didenger. Trus berimbas ke jawaban si Mbak. Kalo asalnya dia bilang "ya bu" dengan singkat, saat kita bilang "tolong", dia pasti jawabnya "ya bu" dengan cengkok dangdut :)
Meski kita meminta seseorang untuk melakukan kewajibannya, atau kita meminta sesuatu yang menjadi hak kita, saat kita mengucapkannya dengan kata "tolong" pasti akan lebih indah, dan orang tersebut akan lebih ikhlas dalam melakukan apa keinginan kita ;)

Sudahkan anda membiasakan mengucapkan 3 kata ajaib itu??
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

11 komentar:

Lidya - Mama Pascal said...

3 kata penting ini juga harus sedini ungkin diajarkan keanak-anak ya mbak. alvin juga sudah bisa bilang tolong dan terima kasih

Nia Angga said...

Mbak lid: wahh mantaf. Aku baru membiasakan ayra blg makasihh.. Tp dia blm bs ngomong. Ntr aku mulai biasakan yg lain hehe

Yunda Hamasah said...

Semoga anak2 kita akrab dan biasa mengemukakan 3 kata itu ya Mbak, karena mrk biasa mendengarkan kita begitu ;)

Lyliana Thia said...

tiga kata ajaaib yg bisa bikin orang lain bahagia ya Nia.. :-D

Nia Angga said...

Bunda: benul sekali bun. Aku mulai membiasakan diri sendiri jg. Btw koq aku sll gagal yah kl mo ngoment di blog bunda?

Mbak thia: setojjoooo bu dokterr

Asep Saepurohman said...

wah si mbak sering juga ya digituin, kirai saya aja yang sukadi gituin. Mentang2 di jalan etikanya kadang ada aja yang gak dipke ya mbak.?:D

Nadya Izzati said...

Aku juga sudah diajarin tiga kata ajaib itu sama mama, Tante :)
Sampe waktu aku nabrak kaki meja, aku minta maaf. Akhirnya dikasih tau mama kalau sama benda mati nggak usah minta maaf, heheh..

riesta said...

ya ampuuun,,,baru sadar...
ini bu nia yg di serpong garden kan???
alamaaak....

umahnya fityanakifah said...

suka kesel dan nyesel bila 3 kata ajaib itu lupa diucapkan oleh sendiri atau diucapkan oleh org lain :)
trimaksih :)

dhenok habibie said...

iyaa mbak, saya juga sering kesel kalo misalnya kita udah berbaik hati nolong atau merelakan tempat duduk kita di bus, ee yang dikasih malah cuek bebek gitu.. bukannya gk ikhlas, tapi yaa hehe susah untuk menjelaskan..

tapi semoga kita selalu bisa untuk selalu bilang tolong dan terimakasih yaa mbak :)

Nurmayanti Zain said...

Subhanallah
mbak nia benarr ^__^
maaf dan terima kasih punya dampak positif yang besar sekali :)