Tips Lengkap Naik KRL (Commuter Line)

Saturday, 1 October 2011
Bagi para roker alias rombongan kereta, I have some tips for surviving at the train especially at the busy hour..
If u'r not our commuter community, u have to see this picture so u can imagine how poor r we..
Aku roker rute serpong-palmerah pp

Meski aku naek dari stasiun pertama, tapi belom tentu dapet tempat duduk lho yaaa.. Secara banyak penumpang dari sudimara yg ngikut ke serpong biar bisa dpt tempat duduk *sigh

So, kalo aku nyampenya mepet en gak dapet tempat duduk, aku biasanya itung dulu dengan seksama para penumpang yg berhasil duduk. Biasanya untuk yang kursi panjang bisa muat 8 orang untuk yg langsing2 or 7.5 orang kalo ada yang big size just like me..
Kalo masih 7 orang, tebal muka aja bilang misi bu.. Sambil naroh pantat ndusel2.. Lumayan khan bisa nyangkutin setengah pantat.
But, That's working utk gerbong yg khusus wanita. Kalo yg gerbong campur biasanya bapak2 ogah kayak gitu, en ga tau kenapa bapak2 itu kalo duduk suka melemparkan kakinya jauh2 alias mekangkang. Jadi mempersempit area ajah, en kita juga susah nduselnya!!

2. Kalo tempat duduknya udah gak bisa digoyang lagi, aku langsung milih tempat berdiri yg menurutku paling nyaman. Where?? Yup near the door.. Like this!

Banyak ibu2 yg berdirinya memantati orang2 yg duduk. Tapi aku sebaliknya, aku berdirinya justru hadap ke tempat duduk. Soale u know lah pantat ibu2 itu gedhe, kasian kl orang yg duduk kedorong ama pantat kita.. Ntar duduknya jadi miring2..
Coz aku dulu pernah ngalamin yg kayak gitu.duduk pun berasa ga nyaman. Jadi at the time, secara berkala aku dorong aja ibu2 yg pantatnya gedhe itu :)

Don't ever sit on the chair handle. That is very annoying en very very tidak sopan! Terima nasib ajah kalo gak kebagian tempat duduk..



Dengan berdiri ndepipis di deket pintu, setidaknya mengurangi resiko terdorong semakin jauh ke dalam kereta yang akhirnya menyebabkan kalian akan susah keluar pas udah nyampe stasiun tujuan. Udah gitu, berhubung depan kita orangnya pada duduk, kita bisa lumayan bisa bernapas dengan lega dibanding kalo kita kejepit diantara orang2 yang berdiri kayak pepes.



3. Kalo pas masuk udah penuh banget, siapkan badan dan tenaga untuk mendorong orang-orang yang udah ada di dalem..
Sometimes orang2 yang didalem itu gak mau geser meski masih banyak tempat yang agak kosong.. Kasian khan kalo ada yang gak bisa masuk kereta or kalopun bisa masuk, dia musti berdiri nempel di pintu kayak cicak..
Oya, kalo mendorong gunakan bagian badan yang paling kuat yah. Kalo temenku ada yang menggunakan pantatnya sebagai "senjata" coz itu bagian tubuh dia yang paling mantaff. Jadi badan agak miring, singsingkan lengan baju, yaakkk doooroonnggg

4. Sekarang waktunya turun..
Kalo stasiun tujuan itu sedikit peminat, that means kalian butuh tenaga extra untuk menyibak kerumunan orang2 yang kayak semut itu.
Pasang badan lagi, pake anggota badan yang paling kuat, dan siapkan suara "misi bu misi bu" dorongg merekaa kalo mereka tetep gak mau minggir..

Meski mungkin mereka ntar bakalan ngomel, tutup kuping ajah. Daripada ntar ketinggalan kereta.. Yohai gak?Aku pas bawa anak, dorong orang2nya pake punggung, biar anakku gak kegencet hehe

5.Usahakan jangan bawa barang banyak saat jam sibuk, kayak saat jam berangkat dan pulang kantor.. Coz bawa badan aja susah, apalagi bawa barang..

6. Kalo pas kita nyampe stasiun trus kereta udah keliatan mo jalan, teriak2lah pada petugas yang masih standby di depan pintu "pak tolong pak.. Tungguuiinn.."
Biasanya kalo memungkinkan, mereka bakal nahanin pintu kereta biar kita bisa masuk.
Kalo gak terpaksa jangan sampai gak beli karcis yah soale karcis suplisi untuk commuter line sekarang mahal bgt. 20rb bo.. Kalo dulu pas masih 10 rb hajar ajaa..
Lagipula dengan membeli karcis, kita berkontribusi untuk kelangsungan hidup kereta.

7. Jika harus terpaksa bawa anak naek kereta di jam sibuk, pastikan berangkat lebih awal biar bisa dapat tempat duduk or kalo keburu untuk ikut kereta ke tujuan akhir dulu baru balik lagi, manfaatkan itu! Biar dapat tempat duduk (biasanya pas jam pulang kantor, kalo keburu aku naek kereta ke tanah abang dulu, trus ikut balik ke palmerah biar dapat tempat duduk). Trus duduknya kalo bisa di bangku prioritas ajah biar gak "makan" hak orang lain..
Kalo terpaksa gak bisa dapat tempat duduk, masuk aja en berdiri di depan bangku prioritas. Emang hak kita untuk diprioritaskan duduk khan?
Trus milih kursi yang paling pinggir..biar setidaknya ada tempat untuk kaki si kecil, meski cuma sebelah.. Jangan lupa bawa bekal makanan en minuman yang cukup buat si kecil. Biasanya aku "bungkam" dia ama biskuit marie biar sibuk. Kalo dia mulai rewel dan gak mau makan, aku kasih susu. Kalo tetep rewel dan gak bisa ditenangin, aku cuma bisa berdoa en bilang ke dia "ayraa di sini banyak orangn, tolong jangan rewel ya.. Umi gak enak ama yang lain" (biasanya percakapan itu gak working sih.. Jadi aku pasrah aja)

Perhatian:
1. Usahakan jangan berdiri yg di depan pintu. Kalian orang pasti akan ke dorong2 sampe mepet en ndepipis. Sekalian aja masuk ke tengah. Tapi siap2 jauh2 hari kalo mo turun

2. Usahakan tidak duduk di bangku prioritas kecuali terpaksa, daripada kalian punya beban moral yang lebih, yaitu harus berdiri saat ada ibu hamil, orang tua, disable people, ama ibu yang bawa balita. Or kalo musti duduk di bangku prioritas, segera tawarkan duduk bagi2 ibu2 or bapak2 yang musti diprioritaskan. So kalo kita or orang2 terdekat kita yang jadi mereka, pasti akan ada yang menolong

3. Harus mematuhi peraturan. Kalo gak boleh bawa en duduk di bangku lipat ya jangan ngeyel. Akan mengganggu kenyamanan penumpang laen. Kecuali kereta agak kosong, jadi masih ada space buat yang lain berdiri dengan nyaman

4. Kuatkan mental dan fisik saat mo naek kereta. Soale sering terjadi percekcokan dan hal-hal yang bikin gondok saat di kereta.. Trus fisik sangat penting juga untuk bertahan dikepenuhan kereta hohoho

5. Harus banyak empati dengan penumpang lain yah..

Meski kayaknya susah, tapi krl enak lho bebas macet kec kalo lagi gangguan, cepet juga. Itu yang paling penting. Cepetnya ituuu hehe

Moga pemerintah memperhatikan krl dan terus meningkatkan kinerjanya. Baik dengan nambah gerbong, perbaikan dan maintenance sarana listrik, stasiun, dan keretaa biar mengurangi kemacetan di jalan.

Kalo sarana transportasi umum bagus,aman dan nyaman, tentu masyarakat mau pindah dari kendaraan pribadi ke mass transportation that will reduce polution en traffic jam..

7 komentar:

z47d said...

Mantaapph Bu... untung saya naek krl nya pas bukan jam sibuk jadi bisa duduk meski klo ada ibu2 merelakan juga kursi bwt di tempati,, toh saya masih muda n kuat buat berdiri,hehe..
oia, sebelumnya terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana sya

Sitti Rasuna Wibawa said...

LOL... Aku juga roker, hehehe... Eneg banget kalo mesti ke arah Depok pas barengan pulang kerja :s
Salam kenal mbak.

Nia Angga said...

z47d: beruntungnya dirimu :) saya juga gitu koq, kalo ada yang hamil or bawa anak saya mending berdiri. karena pasti akan ada yang membalasnya, saat saya dalam posisi seperti mereka :)

mbak sitti: salam rokerr :)) tapi kita jadi belajar banyak hal dari krl yah *halahhh

Asop said...

Ijinkan saya nge-bookmark ini, siapa tahu saya nanti kerja di jabodetabek. :D

d.R.u.E said...

Mwahaha...bener banget mba! Yang pasti si, klo terpaksa naik kereta yang penuh harus punya tenaga ekstra buat ndorong n bertahan dalam posisi cicak. Aku dah berapa kali ngalamin posisi cicak itu :D

KRL Agustus 2015 said...

terima kasih atas tipsnya kak, sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya

Thinkerlicious said...

Jam sibuk commuter line itu jam berapa aja ya?